Menghemat Biaya Perawatan Gedung Kantor

menghemat biaya perawatan gedung kantor - ecohouseindonesia -comMenghemat biaya perawatan gedung kantor lebih mengarah pada biaya operasional secara global. Hal ini termasuk juga untuk biaya energi, biaya pekerja, pengeluaran untuk peralatan / perlengkapan dan biaya gedung. Untuk artikel ini kami akan membahas khususnya pada biaya gedung dan bagaimana mengatisipasinya.

Pengertian Reaktif, Preventif dan Prediktif

Bagi manager maintenance / bagian perawatan gedung , 3 hal diatas harus benar-benar dimengerti terlebih dahulu dimana :

A. Reaktif : ini berarti Anda melakukan sesuatu setelah terjadi kejadian. Sebagai contoh jendela pecah dan harus langsung diganti

B. Preventif : ini artinya Anda harus mengecek serta melakukan suatu tindakan demi menjaga kondisi baik. Sebagai contoh , memasang teralis untuk mencegah kaca pecah

C. Prediktif : ini berarti Anda memperkirakan sesuatu hal akan terjadi dan membutuhkan reaksi yang tepat

Pada kenyataannya, perawatan gedung lebih mengarah pada tindakan reaktif yang dianggap paling murah pengeluarannya. Pandangan ini tidak tepat karena pengeluaran yang paling murah adalah apabila semua peralatan dan lainnya berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

Bagian Vital Perawatan Gedung

  1. Lampu  : perawatan lampu terlihat simple karena hanya mengganti yang rusak. Pemikiran ini tidak tepat karena permasalahan lampu berpengaruh pada pengeluaran listrik kantor. Anda mungkin harus beralih pada penggunaan lampu LED yang memiliki durasi lebih panjang walaupun harga jauh lebih mahal
  2. Karpet : biasanya manager melakukan tindakan reaktif pada saat karpet terlihat kotor saja. Hal ini harus dirubah dimana diperlukan jadwal rutin untuk pengecekan serta pembersihan karpet. Dengan melakukan hal ini Anda telah menghemat kemungkinan untuk mengeluarkan uang lebih banyak lagi demi mengganti karpet-karpet yang tidak layak pakai.
  3. HVAC ( Heating Ventilation Air Conditioning ) : Inilah bagian yang cukup besar menyita dana pemeliharaan gedung karena Anda harus mengganti satu unit AC apabila sudah tidak berfungsi dengan normal. Untuk mengantisipasi hal ini , Anda dapat menjadwalkan inspeksi rutin untuk AC atau pemanas ruangan dan melakukan penggantian spare part apabila dibutuhkan .

Sebagai kesimpulan, biaya perawatan gedung dapat ditekan seminim mungkin apabila Anda memiliki jadwal rutin inspeksi berkala untuk setiap bagian gedung dengan menggunakan detil pengeluaran lain seperti listrik maupun peralatan kantor sebagai referensinya. Dengan begitu Anda akan terhindar dari pengeluaran besar setiap bulannya.

Dikompilasi dari berbagai sumber

About EcohouseIndonesia

Ecohouseindonesia is a representation of a Rayyan Construction Company. We deliver excellent services in building houses, warehouses, apartments and others in sharia work methods.

Visitors Statistic